Cara Membackup dan Merestore Database SQL Server 2000

Diposting pada 801 views
Setiap project yang saya berikan yang berhubungan dengan database, pasti saya sertakan juga backup databasenya. Hal ini bertujuan karena database SQL tidak bisa di pindahkan secara bebas di komputer yang berbeda, bisa saja di leptop saya sudah ada databaseMhs tapi saat saya memindahkan project ke komputer databaseMhs tidak ada di komputer saya sehingga saya harus membuat ulang isi database yang berupa tabel, Kalau hanya 1 tabel dalam database mungkin bisa dengan cepat anda kerjakan, tapi bagaimana kalau dalam database tersebut terdapat 4 sampai 10 tabel sungguh sangat memakan banyak waktu hanya untuk mengulang membuatnya dari awal sehingga pekerjaan kitapun bisa tertunda.

Maka disini saya akan menjelaskan cara melakukkan backup(menyimpan) database SQL dan cara merestore(mengembalikan) database.

Cara Membackup Database
1. Pertama buka dulu Enterprise Manager di SQL
2. Buka Microsoft SQL Servers-SQL Server Group-(local)(windows NT)-Database

3. Klik kanan pada database yang ingin di backup, pada contoh saya ingin membackup DatabasMhs. Klik kanan DatabaseMhs-All Task-Backup Database

4.Maka akan muncul Box Backup Database seperti di bawah ini, pilih backup database-complete kemudian pilih add

5.Saat memilih Add maka akan muncul box Select Backup Destination, Dimana anda memilih dimana anda menyimpan database backup anda. Untuk memudahkan biasanya simpan di dalam folder dimana folder anda membuat project. Sehingga mudah mencarinya jika anda ingin melakukan restore database.


Tekan tanda yang saya centang untuk memilih folder tempat menyimpan backup database anda.


Saya menyimpan Backup Database di folder DbMhs, Dengan File name DatabaseMhs Kemudian tekan OK. Maka anda sudah mempunyai backup database

Cara Merestore DataBase
Sekarang kita akan mempelajari cara merestore(mengembalikan) database yang sudah kita backup
1. Buka Enterprise Manager di SQL.
2. Pertama kita asumsikan kita tidak mempunyai database DatabaseMhs, Kita buat dulu DatabaseMhs. Klik Kanan pada database-New Database-Kasi nama terus OK. Kita bisa membuat dengan nama yang berbeda tidak harus DatabaseMhs, karena yang kita restore adalah tabel yang berada di DatabaseMhs yang pertama kita buat.
3. Pada contoh saya buat namanya sama DatabaseMhs, Klik kanan pada DatabaseMhs-all task-Restore Database.

4. Maka akan muncul box Restore database seperti di bawah ini, pilih Restore from device(kembalikan database berdasarkan tempat penyimpanan kita) dan tekan Select

5.Maka akan muncul box Chose restore device,tekan add untuk memilih folder dimana kita menyimpan hasil backup database kita.

Pilih Add untuk memilih folder dimana file backup database di simpan.

Setelah menemukan folder dimana backup database di simpan, pilih file database backup, seperti di contoh saya pilih backup DatabaseMhs.

6. tekan Ok sampai kembali ke box Restore Database

7. Pilih Option, Centangkan pilihan Force Restore Over Existing database, Kemudian Pilih Ok.

8. Jika Restore Berhasil maka akan muncul tulisan Restore Of database ‘DatabaseMhs’ Completed Saccessfully

Okeh Sekian Tutor kali ini tentang backup dan restore database. Selamat belajar…. dan selalu lah untuk mencoba. Jika ada kesulitan tidak perlu sungkan untuk bertanya langsung.

21 thoughts on “Cara Membackup dan Merestore Database SQL Server 2000

  1. pada saat restore muncul comment :
    Microsoft SQL-DMO (ODBC SQL STATE: 42000)

    RESTORE DATABASE must be used in single user mode when trying to restore master database.
    RESTORE DATABASE is terminating abnormally.

    bagaimana solusinya pak? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *